motor-bekas

Cari Motor Bekas? Berikut Beberapa Hal yang Perlu Diperhatikan

Harga motor baru yang cukup tinggi membuat beberapa orang lebih memilih untuk membeli motor bekas. Meskipun harganya lebih terjangkau, namun Anda tetap harus mempertimbangkan beberapa hal sebelum membeli motor bekas. Pasalnya tidak semua motor bekas dijual dalam keadaan baik bahkan penjualnya berusaha menipu calon pembelinya.

Maka dari itu, perhatikan tips untuk memilih motor bekas berikut. Selain untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, beberapa tips menurut jasa setup bengkel di bawah ini juga akan membantu Anda agar memperoleh motor yang bagus dan nyaman walaupun bekas.

Tips Membeli Motor Bekas

Ketahui Harga Pasaran Motor Bekas yang Ingin Dibeli

Sebelum memutuskan untuk membeli motor bekas, tidak ada salahnya jika Anda mencari tahu harga pasaran dari motor yang diinginkan. Karena seringkali beberapa penjual motor menawarkan harga yang cenderung lebih mahal dibandingkan jenis dan kualitas kendaraan atau istilahnya overprice. Langkah ini dapat Anda lakukan melalui internet atau bertanya pada kenalan.

Setelah mengetahui harga pasaran dari motor, barulah Anda menyesuaikan antara harga dan kondisi kendaraan. Jika motor yang akan dibeli mempunyai kekurangan Anda bisa menawar harga sampai menemukan kesepakatan antara kedua belah pihak.

Periksa Kelengkapan Surat-Suratnya

Hal penting yang harus dilakukan sebelum melakukan transaksi adalah memeriksa kelengkapan surat motor berupa STNK dan BPKB. Dengan surat tersebut Anda bisa mengetahui jenis dan tipe motor serta kecocokan nomor rangka dengan nomor mesin kendaraan.

Berfungsi pula untuk mengetahui identitas pemilik asli kendaraan dan sebagai indikasi bahwa motor tidak terlibat dalam tindak kejahatan seperti pencurian motor. Anda juga harus memastikan bahwa pemilik motor sebelumnya tertib dalam membayarkan pajak kendaraan tanpa menunggak.

Jangan Terkecoh dengan Kilometer yang Rendah

Saat akan membeli motor bekas, tidak perlu terlalu mempertimbangkan kilometer yang tertera pada odometer. Bisa saja penjualnya sudah menyetel ulang kilometernya karena saat ini jasa setel ulang speedometer dan odometer sudah banyak bertebaran. Apalagi sekarang tidak hanya speedometer manual saja yang bisa disetel ulang, tetapi juga speedometer digital.

Cek Kondisi Motor

Ini adalah hal umum yang paling sering dilakukan oleh calon pembeli motor bekas. Sebelum terjadi kesepakatan antara dua pihak, Anda harus mengecek kondisi motor secara keseluruhan, mulai dari bodi motor, mesin, las-lasan, bahkan suara motor.

Pastikan seluruh badan motor dalam keadaan mulus tanpa goresan bahkan dempulan. Tanyakan pula pada penjual, apakah suku cadang yang digunakan motor masih original atau sudah diganti. Suara mesin motor juga bisa Anda cek dengan cara menutup lubang knalpot menggunakan tangan, kemudian minta penjual untuk menarik handle gas secara normal.

Jika knalpot tetap senyap dan tidak menimbulkan suara berisik berarti kondisi mesin aman. Namun, apabila mesin mengeluarkan suara berisik yang tidak wajar, ada indikasi mesin tidak dalam keadaan baik dan perlu perbaikan.

Merupakan kombinasi yang sempurna jika Anda bisa memahami kondisi motor bekas dan melakukan penawaran yang sesuai. Selain tips di atas, Anda juga perlu berhati-hati dan cermat pada penjual motor. Jangan sampai Anda mengalami kerugian karena ditipu penjual motor.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *